Cara merawat mobil saat musim panas

16 Nov 2010


Rasa khawatir pemilik mobil akan terik matahari di musim panas sangat beralasan. Pasalnya, suhu udara yang tinggi ditambah kelembaban udara rendah, serta pergantian cuaca secara fluktuatif, dapat berdampak buruk bagi mobil.

Keterbatasan area parkir tertutup, memaksa mobil diparkir di lahan terbuka yang terkena sinar matahari langsung.

Pancaran sinar matahari langsung dapat berakibat pada cat dan karet-karet mobil. Cat dan karet-karet mobil akan cepat rusak karena suhu udara yang tinggi. Oleh karena itu diperlukan perawatan dan perlakuan khusus ketika mobil sering terkena sinar matahari langsung.

AstraWorld berbagi beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi dampak buruk sinar matahari pada mobil. Untuk mengurangi penerobosan panas matahari ke kabin, pasangi mobil dengan kaca film yang dapat menahan radiasi. Sinar matahari cepat atau lambat juga akan mengakibatkan cat mobil menjadi buram hingga pecah-pecah. Sebaiknya lakukan pemolesan bodi mobil secara rutin. Jauh lebih baik lagi bila cat mobil diberi lapisan pelindung cat.

Kemudian singkirkan barang-barang yang mudah meledak dari dalam kabin. Seperti korek gas, pengharum ruangan atau minyak wangi yang mengandung aerosol, dan sejenisnya. Mobil yang diparkir di bawah sinar matahari langsung tak ubahnya sebuah oven karena body-nya yang terbuat dari logam.

Turunkan sedikit kaca jendela (sekira 0.5 hingga 1 cm) agar tekanan serta panas dalam kabin tidak terlalu tinggi. Suhu kabin yang tinggi juga bisa memicu pecahnya kaca depan kendaraan.

Tips menghindari onderdil AsPal (asli tapi palsu)


KEBERADAAN beragam jenis suku cadang atau spare part mobil kadang membuat konsumen bingung. Pilihan mana yang tepat sebaiknya teliti dulu sebelum membeli.

Secara umum spare part khususnya suku cadang yang cepat diganti atau fast moving sparepart seperti busi, saringan oli, saringan bensin, atau saringan udara terdiri atas tiga kelas yang masing-masing tingkatan menunjukkan kualitas. Pertama adalah spare part original dengan kualitas bagus dengan harga yang mahal.

Kedua adalah spare part buatan Jepang dengan kualitas bagus dan harga yang agak murah. Sejumlah praktisi automotif menyatakan spare part jenis ini merupakan supplier dari barang orisinal, hanya mereknya saja yang berbeda. Mengapa harganya sedikit agak murah karena mereknya tidak harus beli. Ketiga adalah spare part lokal di mana komponen ini produk asli dalam negeri yang dibanderol dengan harga murah, namun kualitasnya pun kurang bagus.


Sebenarnya berbicara spare part asli atau palsu akan sangat relatif. Karena dalam setiap spare part ada tingkatannya. Untuk komponen orisinal tentunya mahal. Harganya bahkan ada yang dua hingga tiga kali lipat dengan harga spare part  lokal. Kalau spare part lokal Rp150.000, maka spare part orisinal bisa mencapai Rp350.000.

Untuk meminimalisasi kerugian akibat salah membeli spare part, konsumen dapat membeli buku spare part, atau buku pricelist. Namun, untuk pricelist biasanya hanya ada di original part. Memang cara ini dinilai akan membuat konsumen repot, namun tidak ada salahnya mencoba.

Secara umum, agar terhindar dari spare part palsu sebaiknya perlu memperhatikan sejumlah hal. Yang paling mudah mebedakan antara spare part asli atau palsu dapat dilihat dari kemasannya. Spare part asli biasanya dilabeli stiker hologram, sedangkan spare part palsu biasanya tidak dicantumi stiker hologram. Selain itu, setiap lengkung spare part palsu biasanya terlihat kasar (walaupun tipis/kecil), berbeda dengan spare part asli yang benar-benar mulus. Sedangkan untuk velg biasanya terasa lebih ringan dibandingkan velg lokal yang terasa berat.

Tips Menghentikan Mobil Jika Rem Blong

Tak sedikit kecelakaan lalu lintas terjadi disebabkan rem blong. Kondisi ini dapat terjadi kapan saja meski perangkat rem baru dicek. Untuk itu, caa menghentikan mobil saat terjadi rem blong baiknya diketahui.

AstraWorld berbagi tips apa yang sebaiknya dilakukan pengemudi jika mendapati masalah ini. Ada dua kemungkinan terjadinya fungsi rem yang umumnya baru diketahui saat kendaraan melaju, yaitu rem blong dan macet. Bahkan rem yang macet (menjepit terus) dapat mempengaruhi arah steer (kemudi). Rem yang macet dapat mengakibatkan kemudi tertarik ke kiri atau ke kanan karena roda terkunci.


Bila mendapati kerusakan rem dalam kondisi kendaraan sedang melaju, yang pertama harus dilakukan adalah menghentikan laju kendaraan.

Pada kondisi seperti ini dapat kendaraan dapat dihentikan menggunakan rem tangan. Masalahnya rem tangan baru bisa dioperasikan jika kecepatan sangat rendah, yaitu di bawah 10 km/jam. Untuk ini, ada beberapa step yang harus kita lakukan sebelum mengoperasikan rem tangan.

Turunkan kecepatan kendaraan dengan memindahkan gigi perseneling yang lebih rendah secara bertahap (5-4,4-3,3-2,2-1). Apabila pada bahu jalan terdapat rumput, gunakan bahu jalan yang berumput memperlambat laju kendaraan. Setelah kecepatan kendaraan sudah relatif pelan, lakukan pengoperasian rem tangan untuk menghentikan laju kendaraan.

Setelah kendaraan berhenti total, segera lakukan pemeriksaan komponen rem. Bila ada kerusakan, segeralah lakukan perbaikan. Menghentikan kendaraan tanpa fungsi rem seperti di atas ini relatif lebih aman ketimbang panik yang berpotensi kendaraan melaju tanpa kontrol

Pickup GD 3WAY

Pickup Flatdeck

Pickup Standart

Panther Grand Touring

Panther Touring

Panther LS

Panther LV

Panther Adventure

Panther Smart